The 17 Indisputable Laws of Teamwork – 5 (BEDAH BUKU)

Halo Sobat Gawe, semangat pagi!

Kali ini bahasan kita masih berkaitan dengan artikel di blog.gawe.id sebelumnya. Di artikel The 17 Indisputable Laws of Teamwork – 4 (BEDAH BUKU) kita sudah membahas perihal fungsi sorang katalisator dalam sebuah tim.

Di masa kritis, seorang katalisator sangat penting, baik ia adalah seorang penjual yang berhasil mencapai target yang tidak masuk akal, pemain bola yang menghadapi pertandingan besar, atau orang tua yang harus membangkitkan rasa percaya diri anaknya dalam masa krisis hidupnya. Sebuah tim tidak bisa mencapai tujuan yang besar atau rekor yang baru tanpa seorang katalisator.

Pengalaman Maxwell bersama tim, telah mengajarkan bahwa hal yang berlaku untuk olahraga juga berlaku untuk bisnis, pelayanan, dan hubungan dalam keluarga. Ketika waktunya hampir habis dan kemenangan dipertaruhkan, hanya ada tiga jenis orang dalam sebuah tim:

  1. Orang yang tidak menginginkan bolanya.

Beberapa orang tidak mampu mempertahankan tim dalam situasi yang penuh tekanan. Mereka menyadarinya dan tidak mau mengambil tanggung jawab untuk membawa tim itu meraih kemenangan. Tanggung jawab itu memang seharusnya tidak diberikan pada mereka. Mereka seharusnya dibiarkan bermain di area kekuatan mereka.

  1. Orang yang menginginkan bolanya padahal seharusnya tidak boleh menrimanya.

Kelompok kedua terdiri dari orang-orang yang tidak bisa membawa tim itu pada kemanangan. Masalahnya adalah mereka tidak menyadari bahwa mereka tidak bisa. Ego mereka lebih besar daripada kemampuan mereka. Orang-orang ini membahayakan keseluruhan tim.

  1. Orang yang menginginkan bolanya dan sudah sepantasnya.

Kelompok terakhir, yang sejauh ini adalah yang paling kecil, terdiri dari orang-orang yang ingin menjadi pemain yang “dicari” pada saat-saat kritis dan memang mampu menjadi solusi. Mereka mampu mendorong, menarik, atau membawa tim pada tingkatan baru ketika masalah semakin berat. Mereka adalah para katalisator.

 

Baca juga ya artikel lainnya tentang buku The 17 Indisputable Laws of Teamwork karya John C. Maxwell di:

https://blog.gawe.id/17-indisputable-laws-teamwork-4-bedah-buku/

https://blog.gawe.id/17-indisputable-laws-teamwork-bagian-iii-bedah-buku/

https://blog.gawe.id/17-indisputable-laws-teamwork-bagian-ii-bedah-buku/

https://blog.gawe.id/bedah-buku-17-indisputable-laws-teamwork-bagian/

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial