5 Daftar Gunung yang Harus Dikunjungi Sebelum Usia 30 Tahun

Sebelum usia 30 tahun, kira-kira apa yang ingin dilakukan oleh Sobat Gawe? Menikah, punya anak, beli rumah, atau jalan-jalan ke luar negeri? Kalau minke sendiri sangat ingin sekali mendaki gunung. Konon katanya, berhasil mendaki gunung hingga ke puncak itu dapat membawa kepuasan tersendiri dan pastinya menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Sobat Gawe sendiri adakah yang sudah pernah mendaki gunung? Nah, mumpung belum 30 tahun, minke sarankan Sobat Gawe untuk mendaki nih, soalnya kalau sudah 30 tahun, semakin banyak halangan tanggung jawab yang harus dipikul sehingga akan sulit sekali untuk sekedar pergi naik gunung.

  1. Gunung Rinjani

Gunung yang terletak di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia. Ketinggian Gunung Rinjani mencapai 3.726 m dpl merupakan favorit pendaki karena keindahan alamnya. Pendakian Gunung Rinjani sangat diminati oleh pendaki dari dalam maupun luar negeri dan pendakian besar-besara biasanya diadakan bulan Juli sampai Agustus, sekaligus dalam rangka merayakan HUT RI. Selain itu, para pendaki juga bisa mengunjungi Danau Segara Anak, yang dapat ditempuh dari dua jalur resmi pendakian, yaitu jalur Senaru dan Sembalun.

5 Daftar Gunung yang Harus Dikunjungi Sebelum Usia 30 Tahun

  1. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci yang berlokasi di Provinsi Jambi ini adalah gunung berapi tertinggi di Sumatera dengann ketinggian 3.805 m dpl. Untuk menuju lokasi pendakian, kamu dapat menempuh jalur darat dari Jambi menuu Sungaipenuh melalui Bangko. Bisa juga ditempuh dari Padang, Lubuk Linggau, dan Bengkulu. Pendakian Gunung Kerinci memakan waktu dua hari, mulai dari Pos Kersik Tuo. Perlu persiapan yang cukup matang karena cuaca di sini seringkali tidak menentu dengan beberapa lintasan yang berupa pasir dan bebatuan cadas.

5 Daftar Gunung yang Harus Dikunjungi Sebelum Usia 30 Tahun

  1. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.150 m dpl dan merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Temanggung dan berdampingan dengan Gunung Sumbing. Rute normal pendakian Sindoro terletak di Kledung. Selama pendakian, kamu juga akan disuguhi pemandangan Gunung Sumbing karena letaknya yang berdekatan dengan Sindoro.

5 Daftar Gunung yang Harus Dikunjungi Sebelum Usia 30 Tahun

  1. Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncaknya yang disebut Mahameru memiliki ketinggian 3.676 m dpl. Kawah di puncak Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Rute termudah pendakian Semeru adalah melalui Tumpang, Kabupaten Malang. Diperlukan waktu sekitar 4 hari untuk menempuh rute puncak Semeru pergi-pulang. Minke sarankan untuk melakukan pendakian di musim kemarau karena saat musim hujan, akan sering terjadi badai dan tanah longsor. Selain itu, pendaki disarankan tidak menuju kawah Jonggring Saloko dan mendaki dari sisi selatan karena adanya gas beracun (Wedhus Gembel) dan aliran lahar.

5 Daftar Gunung yang Harus Dikunjungi Sebelum Usia 30 Tahun

  1. Gunung Jayawijaya

Puncak Jaya atau Cartensz Pyramid ini merupakan puncak tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 m dpl. Di sini merupakan lokasi satu-satunya gletser tropika di Indonesia. Rute termudah pendakian Puncak Jaya adalah melalui jalur utara (Ilaga) dan jalur selatan (Singa dan Tembagapura).

5 Daftar Gunung yang Harus Dikunjungi Sebelum Usia 30 Tahun

Sumber Gambar: http://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/gunung-semeru_20170815_170749.jpg

 

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial