5 Rahasia Sukses Jadi Sales Agar Capai Target Terus

Sobat Gawe, bagaimana respon kamu jika ditawarkan pekerjaan dalam bidang sales? “Duh kayaknya gue ga bakat“. “Susah ah dikejar target“. Duh..duh.. Padahal bekerja di bidang sales adalah ladang untuk mengumpulkan pundi-pundi insentif dan bonus lho, guys!

Banyak CEO dan orang sukses di Indonesia bahkan di dunia, yang memulai kesuksesannya berkat keuletannya menjadi salesperson alias tukang jualan. Sebut saja almarhum om Bob Sadino yang menuai kesuksesan bermula dari keuletannya menjual telur dari pintu ke pintu (door to door).

Buat kamu yang masih ragu untuk mengambil pekerjaan di bidang sales, baca dulu nih 5 Rahasia Sukses jadi Sales agar Capai Target Terus!

1. Kemampuan Interpersonal

Sebelum jago casciscus untuk ngejual produk, urutan nomor satu dari 5 Rahasia Sukses jadi Sales adalah memiliki kemampuan interpersonal yang baik. Kemampuan interpersonal adalah kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain, termasuk mengetahui bagaimana berkomunikasi yang tepat saat bertemu dengan berbagai karakter orang yang berbeda-beda.

Ini adalah soft skill yang bisa kamu latih lho, salah satunya dengan banyak bertemu dengan orang baru dan mau mengobrol dengan mereka. Sebelum kamu membuat orang lain tertarik dengan produk yang akan kamu jual, buatlah mereka nyaman dengan interaksi dan relasi yang kamu bangun sehingga mereka menaruh kepercayaan dengan kamu.

2. Komunikasi Nonverbal

Pekerjaan dalam bidang sales erat kaitannya dengan proses presentasi. Tentu saja karena ini adalah metode dimana kamu berkesempatan untuk menjual dan menjelaskan produk/jasa yang kamu tawarkan. Ini dia rahasianya, latihlah kemampuan presentasi kamu dengan memerhatikan komunikasi nonverbalmu.

Komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang disampaikan tanpa melalui kata-kata, bisa meliputi lambang, ikon atau bahasa tubuh (gesture) kamu. Komunikasi noverbal merupakan hal yang saat penting dalam presentasi, namun seringkali tidak disadari oleh kebanyakan orang. Penampilan kamu menunjukkan komunikasi nonverbal kamu. Jika bajumu kusut, rambut lepek, kemungkinan besar calon konsumen kamu males duluan lihat kamu. Sebaliknya, jika kamu rapi dari atas sampai bawah, sebagian besar orang akan lebih nyaman dan memberikan atensi kepada kamu.

Rahasia komunikasi nonverbal lainnya adalah bahasa tubuh kamu saat berbicara. Presentasilah dengan menggunakan bahasa tubuh yang baik dan bersemangat. Mulailah dengan senyum dan berikan eye contact pada lawan bicaramu. Jangan coba-coba pasang raut muka malas atau bengong, guys!

3. Product knowledge

Product knowledge adalah hal yang sangat kritis dalam menjadi sales yang berhasil. Bagaimana orang percaya terhadap produk kamu jika kamu tidak bisa menjelaskan apa manfaatnya?

Salesperson yang baik akan menghabiskan banyak waktunya untuk mendalami produk/jasa yang dia jual, termasuk mencobanya untuk diri sendiri. Psst, rahasia ketiga dari 5 Rahasia Sukses jadi Sales agar Capai Target Terus adalah ketahui juga A sampai Z tren pasar dan kompetitior dari produk/jasa yang kamu jual. Dengan begitu, kamu bisa lebih optimis dalam menjual dan bisa menjawab semua pertanyaan yang mungkin dilontarkan oleh calon konsumen kamu.

4. Closing

Last but not least nih, Sobat Gawe! Setelah kamu melancarkan ketiga jurus dari 5 Rahasia Sukses jadi Sales agar Capai Target Terus, saatnya closing! Ini adalah seni dimana kamu bisa menekankan daya persuasif kamu kepada calon konsumen. Tunjukkan pada calon konsumen kamu bahwa mereka membutuhkan produk/jasa yang kamu jual.

5. Jaga Relasi dengan Mantan

Lho..lho.. apa hubungannya sama mantan? Maksudnya, jagalah hubungan kamu dengan mantan konsumen atau mantan calon klien kamu. Baik sudah tidak menggunakan produk kamu atau belum membutuhkan produk kamu saat ini, kamu tetap harus menjaga relasi yang baik. Bisa saja di kemudian hari dia atau perusahannya membutuhkan produk/jasa yang pernah kamu tawarkan, who knows?

So itu dia Sobat Gawe rahasianya menjasi sales agar capai target terus. Bagi kamu yang galau ambil pekerjaan sales, yuk mulailah buka peluang karirmu dengan melatih tips-tips di atas. Semoga kamu bisa mempraktikannya juga ya!

Kebetulan ada lowongan sales, disini!

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial