Fresh Graduate, Sisihkan Gaji Pertamamu Untuk Ini!

                Halo, Sobat Gawe! Adakah di antara kalian yang masih berstatus fresh graduate? Pasti Sobat Gawe merasa bangga ketika sudah mendapat pekerjaan segera setelah lulus sekolah atau kuliah, di saat teman-teman lain mungkin masih kesulitan mendapat pekerjaan. Biasanya nih, mereka yang berstatus fresh graduate masih dibayang-bayangi rasa bahagia di awal bekerja dan sudah memiliki angan-angan untuk apa ya kira-kira gaji pertama akan dihabiskan. Nah, seringkali para fresh graduate memilih menghabiskan gaji pertama untuk kebutuhan tersier, seperti membeli baju, sepatu, perhiasan, gadget, atau dihabiskan untuk hura-hura seperti travelling, nonton, traktir temen-temen, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya sah-sah saja karena gaji pertama seringkali yang terasa paling berkesan sehingga sebagian besar fresh graduate memilih untuk menggunakannya sesuka hati. Namun, tidak ada salahnya dari gaji pertama kita mulai belajar mengatur untuk apa kira-kira uang gaji tersebut. Panduan berikut mungkin bisa bermanfaat untuk para fresh graduate yang masih bimbang dalam mengelola gaji pertamanya. Apa saja itu?

  1. Menabung

Menabung ini wajib dilakukan setelah terima gaji pertama ya, Sobat Gawe. Jadi jangan menunggu uang gaji yang tersisa di akhir bulan, tapi justru harus diprioritaskan di awal. Tidak perlu banyak-banyak, cukup sisihkan 10-15% dari gaji untuk uang tabungan. Sobat Gawe bisa menabung secara konvensional atau kalau mau lebih aman bisa dimasukkan ke rekening bank. Dengan catatan, rekening bank ini usahakan terpisah dari rekening bank yang biasa Sobat Gawe pakai untuk bertransaksi ya. Bahkan ada yang berpendapat bahwa membuat rekening terpisah tanpa menggunakan kartu ATM sangat efektif untuk menabung karena uang di rekening tersebut jadi tidak mudah untuk diutak-utik.

  1. Investasi

Mulailah berinvestasi sedini mungkin. Ibaratnya, investasi adalah tabungan yang tidak dapat sesuka hati diambil, namun Sobat Gawe pasti akan merasakan manfaatnya di kemudian hari karena nilainya pasti bertambah. Meskipun sudah menabung di bank, namun uang tabungan tidak akan bertambah nilainya, justru dapat terpotong oleh biaya administrasi bank. Nah karena itu investasi wajib pula diterapkan. Saat ini berbagai bentuk investasi dapat dengan mudah diterapkan, tanpa memerlukan uang dalam jumlah besar. Contoh yang mudah yaitu emas, reksadana, atau saham. Ketika nilai investasi sudah semakin bertambah, Sobat Gawe bisa mengubahnya menjadi investasi bentuk lain dengan nilai yang lebih besar seperti membeli tanah atau rumah.

  1. Modal Usaha Sampingan

Nah, mumpung masih muda nih, Sobat Gawe, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai usaha sampingan. Hitung-hitung untuk menambah penghasilan, bukan? Banyak kok usaha sampingan yang tidak memerlukan modal besar. Buat Sobat Gawe yang hobinya berselancar di dunia maya, bisnis online mungkin bisa dicoba. Atau bagi yang tidak suka bisnis online, Sobat Gawe bisa nih jualan pulsa, voucher atau makanan yang pasti akan diserbu oleh orang kantor. Meski untungnya kelihatannya sedikit, namun jika telaten, usaha sampingan ini dapat menambah tabungan pula kok. Jadi, jangan malas untuk mencobanya, ya!

  1. Sedekah

Nah, ini yang paling sering dilupakan ya, Sobat Gawe. Meski gaji pertama kita pas-pasan, namun tidak ada salahnya kita sisihkan sedikit untuk sedekah. Sobat Gawe bisa mengalokasikan 5-10% gaji untuk pos ini. Sedekah, zakat, atau uang yang dikirim ke orang tua akan menjadi berkah dan kebaikannya pun akan kembali ke Sobat Gawe sendiri. Jadi, jangan sampai terlewat, ya!

Nah, itu tadi beberapa hal yang sebaiknya dilakukan saat menerima gaji pertama. Apabila setelah dihitung-hitung ternyata masih ada anggaran untuk hura-hura, maka tidak ada salahnya kok Sobat Gawe memanfaatkan uang tersebut sekedar untuk relaksasi diri dari penatnya tugas kantor. Tapi agar gaji pertama tidak langsung menguap begitu saja, tentu kita harus bijak dalam mengelolanya, bukan? Selamat mencoba yaa, Sobat Gawe!

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial