Agar Kerja Jarak Jauh Tetap Produktif, Pastikan Kamu Lakuin Hal Ini

Remote working alias bekerja dari jarak jauh atau tidak dari kantor merupakan tren kerja yang belakangan makin marak seiring era digitalisasi ya, guys! Remote working memang belum sepenuhnya diterapkan di Indonesia. Tetapi, banyak perusahaan zaman now, terutama yang bergerak pada bidang industri kreatif, lebih fleksibel lho untuk memperbolehkan karyawannya me-remote pekerjaan.

Apakah kantor kamu termasuk yang fleksibel dalam hal itu? Wow, jangan senang dulu! Tidak semua orang berhasil melakukan remote working, lho! Remote working memiliki tantangan tersendiri. Kalau kamu tidak bisa memanajnya, bisa-bisa produktivitas dan KPI kamu merosot. Tetapi sebaliknya, jika kamu tahu triknya, maka kamu akan lebih enjoy saat bekerja dan mencapai hasil yang optimal.

Agar Kerja Jarak Jauh Tetap Produktif, Pastikan Kamu Lakuin Hal Ini

 

1. Mindset “Lagi Kerja!”

Dilansir dalam forbes.com dalam artikel This Is How Remote Work Will Look Like In 2018, mengungkapkan bahwa salah satu tantangan dalam tren pola kerja remote adalah transformasi mindset bekerja “normal” dengan “bekerja remote”. Meskipun tidak berada di kantor, Agar Kerja Jarak Jauh Tetap Produktif, kamu harus sadar bahwa kamu lagi kerja. Jadi, kamu tidak terlena untuk menerima banyak distraksi karena kamu merasa tidak ada yang mengawasimu.

Mindset “lagi kerja” ini akan membantu disiplin diri kamu dalam menyelesaikan tugas-tugas. Mau remote working dari cafe, dari rumah, atau bahkan nongkrong pinggir pantai, kalau kamu memiliki disiplin diri tinggi dan mindset “lagi kerja”, maka kamu nggak perlu khawatir kerjaan terbengkalai.

2. Pilih Tempat yang Nyaman

Namanya lagi bekerja, mau di kantor atau nggak di kantor, tentu harus tetap nyaman dong! Enaknya kalau kamu remote working, kamulah yang memilih atau menciptakan sendiri suasana kerja yang kamu mau. Nah, pastikan kamu tahu suasana kerja seperti apa yang membuatmu nyaman dan fokus dalam mengerjakan tugas ya! Misalnya, beberapa orang nyaman bekerja di tempat yang ramai, di kafe dengan live musik misalnya. Tapi ada juga yang merasa lebih fokus kerjanya di tempat yang sepi dan tenang.

Kalau kamu remote working dari rumah, kamu bisa atur ruang kerjamu sendiri. Pastikan kamu menciptakan “ruang” yang nggak bikin kamu males-malesan ya! Apalagi deket-deket kasur yang posesif! Hihi.

3. Catat Tugas Yang Ingin Dicapai Hari ini

Berkaitan dengan trik nomer 1 nih, Agar Kerja Jarak Jauh Tetap Produktif kamu sebaiknya mencatat tugas-tugas yang ingin kamu capai hari ini. Saat remote working, distraksi yang kamu dapatkan bisa menggoda fokus kamu dalam bekerja. Memiliki daftar pencapaian harian sangat membantu agar kamu inget apa saja yang harus diselesaikan.

4. Komunikasi Kudu Lancar

Sama aja kayak LDR, kerja jarak jauh juga memerlukan komunikasi yang lancar….dengan tim kamu tentunya! Agar nggak miskomunikasi, pastikan nomor kamu bisa dihubungi, w-a jangan cuma di read. Ups! Kemudahan teknologi untuk berkomunikasi lah yang mendorong tren remote working di dunia. Jadi, kordinasi, meeting, hingga conference bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

So guys, itu dia 4 hal yang perlu kamu lakukan Agar Kerja Jarak Jauh Tetap Produktif.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial