Antigemuk dengan Buah

Diet dengan mengkonsumsi buah-buahan saat ini masih menjadi cara yang cukup ampuh untuk program penurunan berat badan. Selain menyehatkan, diet buah juga cukup praktis diaplikasikan karena tidak memerlukan olahan yang ribet. Cocok deh untuk pekerja seperti kita yang perutnya sudah mulai buncit (Minke juga). Buah-buahan seperti apa yang cocok untuk menjaga berat badan ideal? Simak beberapa contoh yang Minke jabarkan, ya!

Pisang

Pisang adalah buah yang mudah didapat, murah, dan sangat mudah diolah menjadi berbagai sajian. Kandungan kalorinya sekitar 105 Kkal/buah dan cukup untuk memenuhi kebutuhan 5% angka kebutuhan gizi (AKG). Selain itu, pisang kaya akan kandungan kalium dan vitamin B6. Untuk program diet, pisang sebaiknya dimakan satu buah dalam sehari tanpa tambahan ‘toping’ apapun seperti selai cokelat atau kental manis ya, Sobat Gawe. Karena tujuannya untuk diet, maka sebaiknya hindari bahan tambahan makanan berupa gula atau pemanis lainnya.

Antigemuk dengan Buah

Apel

Buah ini juga sangat mudah ditemukan dan diolah. Tinggal dicuci, tanpa mengupas kulitnya, Sobat Gawe sudah bisa mengkonsumsinya. Apel mengandung 52 Kkal dan 2.6% AKG. Selain itu, kandungan serat dan airnya yang cukup tinggi juga dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga membuat kita tidak cepat lapar. Untuk kebutuhan diet, apel bisa dikonsumsi 2 kali sehari. Selain dimakan langsung, apel bisa diolah menjadi salad dengan ditambah mayonaise atau olive oil. Bisa pula dibawa untuk bekal ke kantor. Hmm, praktis kan?

Antigemuk dengan Buah

Tomat

Tomat mengandung kalori sebesar 22 Kkal/buah dan 1% AKG. Buah ini mengandung serat oligofruktosa yang dapat menunda lapar. Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tomat dapat diolah menjadi jus atau cukup dimakan langsung. Untuk program diet, pastikan kamu mengkonsumsinya minimal sekali sehari, ya.

Antigemuk dengan Buah

Alpukat

Asam lemak tidak jenuh tunggal (asam oleat) yang terkandung dalam alpukat merupakan asam lemak yang baik untuk tubuh karena dapat menunda lapar. Selain itu, lemak ini dapat menjaga kestabilan gula darah sehingga akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Alpukat juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat. Cocok banget untuk kamu yang sedang program penurunan berat badan. Alpukat dapat dimakan langsung atau diolah menjadi jus. Ingat ya, tidak perlu tambahan pemanis atau kental manis karena bisa-bisa dietmu malah gagal.

Antigemuk dengan Buah

 

Sebenarnya masih banyak contoh buah-buahan yang bermanfaat dalam program diet yang belum Minke sebutkan. Contohnya yaitu mangga, strawberry, jeruk, melon, anggur, plum, dan masih banyak lagi. Prinsipnya adalah, jangan terlalu menambah berbagai bahan tambahan dalam mengolah buah untuk diet. Justru dengan mengkonsumsi buah dalam keadaan utuh akan menghasilkan nutrisi yang lebih baik. Jika bosan, maka buatlah olahan buah yang tidak memberi bahan tambahan pemanis atau lemak seperti membuat jus atau sop buah yang diberi gula, sirup, kental manis, atau membuat salad dengan mayonaise yang mengandung lemak tinggi. Wah, kalau begini perut bukannya makin rata tapi malah membuncit, Sobat Gawe.

Program penurunan berat badan juga tidak hanya ditentukan dari makanan yang dikonsumsi saja, tapi juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti olah raga, tidak merokok, maupun meminum alkohol. Nah, mumpung weekend, isi strok buah yang banyak ya, Sobat Gawe. Semangat berdiet!

 

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial