Aplikasi yang Bakal Bantu Kamu Mudik Lewat Jalur Darat

Hai Sobat Gawe, kita sekarang udah masuk bulan Puasa nih. Berarti sebentar lagi akan masuk masa lebaran. Bagi kamu yang belum kedapatan tiket, tidak perlu berkecil hati. Tenang, masih ada tebengan di sana-sini atau moda transportasi lain kok.

Biasanya, tiket yang paling laris pas lebaran itu antara Kereta Api dan Pesawat. Kedua moda trasportasi ini yang paling digemari masyarakat zaman sekarang. Imbasnya, masih ada peluang untuk ketersediaan tiket moda transportasi lain.

Bagi kamu yang akan mudik pakai kendaraan pribadi juga tidak perlu khawatir. Saat ini, jalur-jalur untuk mudik sebagian besar sudah aman dan nyaman untuk dilewati, terlebih bagi kamu yang dari Jakarta ke daerah-daerah. Biasanya, kendaraan pribadi yang seringkali dipakai untuk mudik ialah antara mobil dan sepeda motor. Perlu adanya persiapan supaya ketika mengendarai kendaraan tersebut kamu lebih nyaman dalam perjalanan.

Pada tulisan kali ini, Tim Gawe bakal kasih tips buat kamu yang akan mudik pakai kendaraan pribadi melalui jalur darat. Biasanya yang perlu dipersiapkan saat mudik itu adalah kondisi kendaraan dan berbagai bekal-bekal yang perlu dibawa. Namun, Tim Gawe akan kasih tahu kamu aplikasi-aplikasi di smartphone yang perlu diinstal supaya perjalananmu terbantu.

Berikut ini kategori dan jenis aplikasi yang perlu dipersiapkan:

Aplikasi Navigasi

Jika kamu yang masih belum begitu hafal peta mudik, apliaksi navigasi sungguh dibutuhkan. Dengan aplikasi ini, Sobat Gawe akan lebih mudah memprediksi kemacetan dan jalur yang harus dilewati supaya tidak kesasar. Maka dari itu, kamu perlu menginstall aplikasi navigasi berbasis GPS yang dapat memandu pengguna mencari suatu tempat.

Sedangkan aplikasi navigasi yang perlu diinstal antara lain:

  1. Waze
  2. Google Maps
Aplikasi Pengingat Sholat

Di sepanjang perjalanan terkadang kita lupa waktu karena secara fisik terlalu terfokus pada perjalanan. Perjalanan mudik jangan sampai mengganggu waktu ibadah kamu ya guys. Supaya setiap waktu kamu diingatkan waktu untuk ibadah, buka puasa atau imsak, maka kamu perlu install aplikasi terkait pengingat sholat yang di dalamnya punya fitur lengkap. Kamu juga bisa baca Al Quran dan Hadist lewat aplikasi itu. Beberapa aplikasi pengingat sholat yang dapat diinstal di smartphone kamu antara lain:

  1. MyQuran : Al Quran Indonesia
  2. iMuslim
  3. Salaam
  4. Muslim Pro
Aplikasi Ramalan Cuaca

Dalam perjalanan mudik, perkiraan cuaca menjadi hal yang penting untuk diketahui. Entah itu cuaca panas atau hujan perlu menjadi pertimbangan dalam setiap perjalanan. Jika cuacanya panas terik biasanya bagi pemudik yang mengendarai motor perlu banyak istirahat karena suhu di luar ruangan yang tinggi, sehingga berpotensi menimbulkan dehidrasi. Sedangkan perkiraan cuaca hujan, pemudik diharap untuk bisa berhati-hati karena jalanan licin dan arah pandangan yang terbatas. Untuk memudahkan mendapatkan informasi terupdate mengenai perkiraan cuaca tersebut, Sobat Gawe perlu menginstal aplikasi seperti:

  1. Google Now
  2. AccuWeather
  3. Yahoo Weather
  4. WeatherSignal
  5. Info BMKG
Apliaksi Pencari Restoran

Apabila kamu masih belum paham betul tentang rute mudik, biasanya kamu juga masih belum familier terhadap tempat makan di daerah tersebut. Bisa jadi ketika mudik ke luar kota kamu akan kebingungan dalam mencari restoran atau rumah makan yang ada di sekitar kota itu. Tenang, saat ini semua kebingungan itu dapat diatasi dengan aplikasi pencari restoran. Di aplikasi ini, Sobat Gawe akan mendapatkan rekomendasi tempat makan, rating dan deskripsi perihal apa saja layanan serta menu rumah makan. Aplikasi ini perlu kamu install supaya ketika saat hendak berbuka atau sahur, kamu sudah ada tempat makan tujuan di depan. Beberapa aplikasi yang perlu kamu install antara lain:

  1. Zomato – Makanan & Restoran
  2. Makan di Mana
  3. Jajan Yuk
  4. Qraved

Itulah aplikasi-aplikasi yang perlu kamu install saat hendak mudik melalui perjalanan darat ya. Semoga mudikmu menyenangkan dan sampai bertemu keluarga tercinta…

Baca juga:

 

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial