Belajar dengan Mind Map

Adakah di antara Sobat Gawe yang sudah tahu apa itu Mind Map? Mind map atau pemetaan pikiran merupakan teknik pencatatan yang dipopulerkan oleh Tony Buzan. Teknik pembuatan ilustrasi materi ini cukup populer, lho. Selain dapat mempekerjakan sistem otak kanan yang berperan dalam daya imaginasi dan kreativitas seseorang, dengan membuat mind map, maka akan tercipta daya imajinasi, visualisasi dan berhubungan langsung dengan otak bawah sadar sehingga mudah untuk diingat. Sistem pencatatan ini dinilai lebih efektif dibandingkan mencatat linear atau pencatatan konvensional yang biasa kita lakukan.

“Min, apa gunanya di dunia kerja? Kan kita sudah bukan anak sekolah lagi,”

Nah, Minke jelaskan dulu manfaatnya ya. Karena mind map dapat membantu meningatkan kemampuan mengingat, maka penyampaian materi apapun saat ini lebih sering menggunakan mind map. Selain lebih menarik secara visual, informasi yang disampaikan akan lebih mudah dipahami oleh audiens. Jadi, kamu bisa memakainya dalam bahan presentasimu.  Selain itu, ketika kamu dituntut untuk memasukkan semua informasi yang kamu terima dengan cepat dan lengkap, kamu bisa membuat mind map saja. Lebih cepat, praktis, dan mudah dipahami.

Belajar dengan Mind Map

Dalam pembuatan mind map, ada beberapa tips atau kriteria yang sebaiknya dipenuhi agar mind map-mu lebih menarik dan efektif.

  • Temukan poin penting di setiap Bab dan Sub-Bab
  • Pastikan peralatan sudah lengkap: spidol warna, kertas gambar, pensil warna
  • Kalimat utama (tema besar) ditulis di tengah kertas
  • Buat cabang untuk di setiap judul: berupa cabang di sub judul
  • Pakai warna berbeda di setiap judul
  • Judul/sub judul ditulis dalam 1 kata atau frase
  • Tulis kata kunci dari penjabaran masing-masing cabang
  • Gunakan garis hubung yang melengkung
  • Gunakan gambar dan kombinasi warna
  • Tulis dengan huruf besar saja

 

Mudah bukan membuatnya? Hanya dengan satu bidang saja, semua informasi bisa masuk ke dalam peta pemikiranmu. Kamu bisa menyesuaikan design-nya sesuai dengan seleramu, ya. Tapi untuk tujuan presentasi, Minke sarankan untuk mengikuti tips yang sudah Minke jabarkan di atas. Untuk yang sudah pernah membuat atau membaca mind map, pasti sudah merasakan manfaatnya deh, dibandingkan membaca tulisan saja. Selamat mencoba ya, Sobat Gawe!

 

Sumber gambar:

https://www.mindmeister.com/blog/wp-content/uploads/2015/01/MindMapping_mindmap_handdrawn-796×531.png

 

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial