Cara Berprestasi di Tempat Kerja bagi Karyawan Baru

Mendapat karir cemerlang dan prestasi merupakan mimpi setiap karyawan yang baru memasuki dunia kerja. Apalagi jika kamu bekerja di perusahaan yang memang sudah lama diimpikan. Masalahnya, tidak semua orang tahu jalan yang baik dan benar untuk mencapai puncak karirnya. Kalau kamu fresh graduate dan baru memulai karir kerja mu tahun ini, yuk baca Cara Berprestasi di Tempat Kerja Bagi Karyawan Baru

Produktif dan Efektif

Mari bedakan antara sibuk dengan produktif.  Sibuk belum tentu produktif, karena bisa saja mereka yang sibuk justru bekerja dengan tidak maksimal. Hasil pekerjaannya malah minim. Tapi bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu yang sama dengan mereka yang sibuk, itu jelas produktif.

Selain produktif, tingkatkan pula cara berprestasi di tempat kerja bagi karyawan baru dengan bekerja secara efektif. Fokus dan kelola waktu kerjamu dengan baik agar hasilnya tetap maksimal. Jika orang lain mengerjakan 10 tugas dalam 8 jam, kamu bisa menyelesaikannya dalam tempo 6 jam. Disitulah terlihat siapa yang lebih efektif dalam bekerja.

 Jujur dan Amanah

Kunci dari sebuah kepercayaan atasan adalah kejujuran. Saat mengemban tugas yang berat dan tidak bisa melaksanakan dengan baik, kamu harus mau mengakui hal tersebut di depan atasan. Tunjukkan dan jelaskan bahwa tugas tersebut memang tidak bisa diselesaikan seorang diri dan butuh bantuan orang lain.

Begitu pula ketika kamu mendapat penugasan, berusahalah untuk menyelesaikannya dengan baik sesuai batas waktu yang diberikan. Jangan sampai tugas tersebut belum selesai pada waktunya dan kamu tidak memberikan kabar kepada atasan. Lebih baik terbuka dengan kondisi pekerjaan, daripada menyimpan kesalahan yang justru akan menurunkan kondite kamu. Hal ini juga merupakan salah satu cara berprestasi di tempat kerja bagi karyawan baru, lho!

Loyal

Loyalitas atau kesetiaan tidak semata-mata hanya bertahan di perusahaan tersebut dalam waktu yang lama. Lebih luas lagi, loyalitas adalah sebuah usaha dari karyawan untuk selalu memberikan hasil yang terbaik. Loyalitas juga merupakan upaya karyawan untuk menjaga nama baik perusahaan.

Di era millenium kedua ini, loyalitas seolah menjadi barang langka. Karyawan bisa cepat berganti perusahaan tempat bekerja. Jika kamu merasa sudah sreg dengan tempat kerjamu, berusahalah untuk selalu loyal. Kesempatan untuk mendapatkan karir yang lebih baik selalu tetap terbuka bagi mereka yang loyal dengan perusahaan.

Kreativitas Tanpa Batas

Sebagai karyawan baru, sebaiknya tidak menerima penugasan begitu saja. Pikirkan hal lain yang bisa menjadi jalan terbaik dalam mempermudah pekerjaanmu. Diskusikan hal tersebut dengan atasan. Tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang kreatif dan punya misi membawa perusahaan ke arah yang lebih baik.

Boleh jadi ada yang tidak setuju dengan cara berpikir kreatifmu. Tapi selama tujuannya adalah demi kebaikan perusahaan, why not? Orang yang kreatif lebih disukai dibanding yang hanya “Yes Boss” saja

Tunjukkan Kompetensimu

Kompetensi adalah bukti nyata kemampuanmu bekerja di perusahaan. Menunjukkan bahwa kamu memang orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Karena itu selalu tingkatkan kompetensimu, sehingga pihak perusahaan pun akan memberi respons positif atas setiap hasil kerjamu.

Kompetensi tidak semata dinilai dari kemampuan atau keahlian semata. Tapi juga dilihat dari sisi semangat bekerja, teliti, dan proaktif terhadap pekerjaan yang diemban. Semuanya menjadi satu kesatuan yang bisa membawa kamu meraih prestasi di tempat kerja.

Nah, sekarang kamu sudah punya gambaran bagaimana bisa meraih prestasi di tempat kerja kan Sobat Gawe? Yuk mulai lakukan cara-cara berprestasi di tempat kerja bagi karyawan baru di atas dalam pekerjaanmu!

Baca juga, Tips sukses menjalani kuliah sambil kerja.

 

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial