Fungsi Surveyor di Perusahaan Pembiayaan

Halo sobat Gawe, Semangat Pagi!

Kamu pernah mengajukan permohonan kredit dan kemudian ada seorang Surveyor datang ke rumah kamu untuk verifikasi data? Nah, kali ini Minke akan membahas apa saja sih fungsi-fungsi kerja dalam perusahaan pembiayaan. Tapi sebelum itu kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu perusahaan pembiayaan.

Menurut Wikipedia, perusahaan pembiayaan adalah badan usaha di luar bank dan lembaga keuangan bukan bank yang khusus didirikan untuk melakukan kegiatan usaha: sewa guna usaha, anjak piutang, usaha kartu kredit dan atau pembiayaan konsumen seperti kredit mobil atau motor. Sedangkan Leasing adalah setiap kegiatan pembiayaan oleh bank atau lembaga perusahaan dalam bentuk penyediaan barang-barang modal untuk digunakan oleh suatu perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu.

Nah, dalam kegiatan leasing ini ada fungsi pekerjaan yang mengawali proses bisnisnya, yaitu Surveyor. Surveyor adalah karyawan yang ditugaskan untuk melakukan proses survey data calon konsumen. Surveyor termasuk ke dalam jenis pekerja lapangan (field people).

Beberapa tugas pokok Surveyor lapangan yaitu:

  1. Melakukan survey ke lapangan
  2. Mengumpulkan dokumen konsumen yang belum lengkap
  3. Memastikan penandatanganan dokumen kontrak oleh konsumen
  4. Menjelaskan informasi yang dibutuhkan konsumen berkaitan dengan fasilitas pembiayaan

Surveyor merupakan  ujung  tombak dari berhasil atau tidaknya suatu kesepakatan kredit antara calon nasabah dengan perusahaan pembiayaan. Dari sisi nasabah, akan diuntungkan dengan mendapatkan pencairan dana dari perusahaan pembiayaan. Sedangkan dalam sisi perusahaan pembiayaan, tentunya mendapatkan nasabah yang membayar angsuran kreditnya tepat waktu sesuai dengan jatuh tempo yang disepakati dan ditanda tangani bersama dalam surat perjanjian kredit.

Nah, menarik bukan Sobat Gawe kegiatan dan fungsi kerja dari Surveyor ini. Buat kamu yang tertarik, yuk cari-cari lowongannya di website www.gawe.id atau aplikasinya dan  lamar pekerjaannya. Semoga sukses ya!

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial