Karena Driver Tidak Hanya ‘Nyupir’

Driver atau sering disebut pula sebagai ‘supir’ merupakan pekerjaan yang saat ini diperlukan di hampir semua tempat. Entah untuk mengantar-jemput barang, klien, maupun konsumen itu sendiri. Nah, seringkali banyak di antara masyarakat menganggap bahwa kerjaan driver ya hanya ‘nyupir’, dalam artian membawa kendaraan sampai tujuan. Hmmm, tidak sesederhana itu ya, Sobat Gawe. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi driver yang baik. Minke jelaskan satu-satu, ya.

Berkendara dengan Aman

Penting bagi seorang driver untuk memiliki sikap berkendara yang mampu membuat penumpang berasa aman, nyaman, dan yakin bahwa driver ini akan mengantarkannya selamat sampai tujuan. Untuk itu, driver tidak boleh lupa untuk selalu mengecek kondisi kendaraan secara berkala setiap akan bekerja. Selain itu, driver yang baik tidak akan membawa kendaraannya secara ugal-ugalan, bahkan sengaja melanggar rambu lalu lintas hanya untuk mengejar target. Bisa-bisa penumpang akan merasa tidak nyaman dan akhirnya memberi nilai minus pada driver seperti ini.

Sopan dan Bertanggung Jawab

Seorang driver sebaiknya selalu menjaga tanggung jawab yang sudah diberikan padanya. Antara lain yaitu tepat waktu dalam melakukan antar-jemput. Driver yang disukai juga pastinya memiliki sopan santun, berpakaian rapi, dan menjaga kesehatannya sendiri karena biar bagaimanapun, ia tanggung jawab pada keselamatan penumpang. Jangan sampai membawa kendaraan dalam kondisi kurang fit ya, Sobat Gawe.

Skill Mengemudi Baik

Kalau yang ini syarat mutlak ya, Sobat Gawe. Pengalaman mengemudi sangat diperlukan untuk menjadi driver. Tentu saja hal ini dibarengi dengan kelengkapan surat ijin mengemudi dan kelengkapan surat-surat kendaraan lainnya. Selain itu, driver juga wajib mengetahui dan mematuhi dasar-dasar rambu lalu lintas. Kalau sudah memenuhi itu semua, penumpang pasti percaya dan merasa dengan driver seperti ini.

Hafal Rute

Nah, ini juga merupakan poin plus seorang driver. Dengan mengetahui rute-rute tempat tertentu atau tempat-tempat penting yang sering dikunjungi, maka ia akan mampu berkendara dengan efisien dan akhirnya akan menghemat waktu. Klien/konsumen akan diantar/dijemput tepat waktu atau barang tidak terlambat sampai ke konsumen. Jika memang Sobat Gawe masih driver pemula dan belum hafal rute yang diinginkan klien, tidak perlu ragu untuk berkata jujur kepada klien sehingga tidak membuang waktu di jalan karena tersesat.

Itu tadi beberapa tips menjadi driver yang baik ya, Sobat Gawe. Ternyata pekerjaan ini memang bukan hanya soal ‘nyupir’. Di luar itu, driver mengemban tanggung jawab yang besar karena menyangkut keselamatan dan kepercayaan konsumen. Adakah di antara Sobat Gawe yang sudah menerapkan hal-hal di atas tadi? Semoga sudah banyak yang paham, ya! Selamat berkendara, Sobat Gawe!

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial