Luangkan Me Time Setiap Hari Jauhkan Diri dari Stress

Sobat Gawe, pernahkah kamu merasa jenuh dengan rutinitas pekerjaan atau keriweuhan kehidupan yang kamu jalani? Apalagi jika pekerjaan sedang numpuk-numpuknya dan dikejar tenggat waktu, bisa-bisa stress mulai menghampiri nih! Bisa gawat lho kalau tidak diantisipasi dari awal.

Ssst…tahukah kamu, faktanya Luangkan Me Time Setiap Hari Jauhkan Diri dari Stress! Kok bisa ya?

Me time a.k.a meluangkan waktu untuk diri sendiri memiliki manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan rasa bahagia dan menghindari stress. Dilansir dalam www.adrenalfatiguesolution.com, meluangkan waktu untuk me time dapat membantu kamu untuk mencegah rasa mudah marah dan mengontrol emosi kamu. Seperti halnya dengan mesin yang harus beristirahat atau di charge, tubuh dan pikiran kita juga demikian. Nah, me time inilah waktu untuk mengisi energi kita kembali .

Aktivitas Me Time Apa Saja yang Bisa Diaplikasikan Sehari-hari?

1. Rileksasi

Rileksasi bisa menjadi salah satu alternatif me time yang bisa kamu pilih untuk dilakukan sehari-hari di rumah. Esensinya, rileksasi adalah melakukan aktivitas untuk mengendurkan syaraf-syaraf sehingga tubuh merasa rileks. Apakah relaksasi hanya bisa dilakukan dengan olahraga yoga saja? Ternyata tidak, lho, gaes!

Kabar baiknya, rileksasi bisa dilakukan tanpa perlu rumit dan berbiaya mahal. Selain yoga, rileksasi bisa dilakukan dengan bermeditasi, latihan pernapasan, dan mendengarkan musik yang membuatmu santai dan semangat.

2. Lakukan Hobi

Untuk merasakan me time yang berkualitas, cobalah luangkan hobi kamu sejenak untuk men-distrup pikiran kamu dari hal-hal yang membuat penat. Misalnya kamu hobi bermain gitar, maka kamu bisa luangkan waktu selama 30 menit sebelum tidur misalnya, untuk gonjrang-gonjreng sebentar. Me time yang diisi dengan hobi akan membuatmu kembali ke “duniamu” dan merasakan kesenangan tersendiri.

3. Olahraga

Selain baik untuk kesehatan, tahukah kamu bahwa berolahraga membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin atau yang dikenal dengan hormon rasa bahagia. Ini juga bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk Luangkan Me Time Setiap Hari Jauhkan Diri dari Stress.

Kamu bisa mencobanya dengan latihan-latihan ringan seperti jogging atau bersepeda.

Tips Agar Me Time Kamu Berkualitas

1. Me time = sendirian?

Me time kadang dianggap sebagai meluangkan waktu untuk beraktivitas sendirian. Ternyata nggak begitu maksudnya lho, guys! Meluangkan waktu untuk diri sendiri, bukan berarti melakukannya sendirian. Misalnya saja, kamu meluangkan waktu untuk mencoba aktivitas di suatu komunitas baru setelah berbulan-bulan belum sempat mencobanya. Itu juga me time lho! Bersepeda bareng teman-teman di komplek rumah, juga bisa jadi me time.

Almuth McDowall, PhD, dosen Psikologi Organisasi di Birkbeck University of London menyatakan bahwa me time itu menekankan pada aktivitas yang kita niatkan untuk luangkan, sangat dinikmati ketika dijalani dan yang kita pilih sendiri berdasarkan hal yang disukai.

2. Me time = aku & medsosku

Banyak orang berpikir untuk menghabiskan me time-nya bersama smart phone dan sinyal untuk “pindah dunia” ke media sosial. Hmm, ternyata ini bukan cara menghabiskan me time yang disarankan lho! Saat me time justru kita disarankan untuk “keluar” sejenak dari aktivitas online di media sosial. Mengapa demikian?

Dilansir dari www.forbes.com, terlalu sering bermain media sosial dapat mempengaruhi kesehatan mental kamu lho! Mengapa demikian? Penelitian menunjukkan, penggunaan sosial media lebih cenderung membuat orang merasa sedih daripada bahagia. Hal ini disebabkan rasa iri yang seringkali tidak kita sadari timbul saat membandingkan kehidupan kita dengan orang lain yang dipamerkan di sosial media.

Nah, buat kamu yang mau me time berkualitas, yuk matikan sinyal sejenak. Hal ini juga baik agar kamu tidak kecanduan media sosial.

Sudah dapat tips nikmati me time, jadi, apa rencana me time-mu minggu ini?

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial