Lulus SMA Mau Kemana?

Halo Sobat Gawe, Semangat Pagi!

Adakah yang sedang galau menentukan karir setelah lulus SMA? Mau kuliah, kerja, atau nikah? Hahahaha.

Ternyata, ada banyak hal bermanfaat yang dapat kamu kerjakan setelah lulus SMA, kok! Lulus SMA tidak harus selalu kuliah ya. Namun beberapa hal berikut bisa menjadi inspirasi kamu untuk menentukan kegiatan setelah kelulusan. Apa saja itu?

  1. Kuliah

Yup, kuliah dipilih hampir sebagian besar lulusan SMA. Mungkin akibat orientasi karir yang bisa jadi lebih terjamin karena sebagian besar lowongan pekerjaan di perusahaan besar memerlukan lulusan setingkat Strata 1. Entah apapun niatnya, pendidikan tinggi itu wajib ditempuh ya Sobat Gawe. Entah nanti setelah lulus kuliah mau jadi apa, bagi sebagian besar orang, sudah bisa kuliah adalah hal yang keren!

Nah, saat mendaftar ke perguruan tinggi, pastikan jurusan dan kampus yang kamu tuju benar-benar sesuai dengan minat dan kemampuan yah. Sekali lagi, minat dan kemampuan ya Sobat Gawe. Artinya, jangan memaksakan belajar di jurusan yang tidak kamu sukai, atau yang lebih parah lagi memaksakan kondisi. Misalnya di saat orang tua tidak mampu membiayai kamu kuliah di kampus swasta yang cukup elit, kamu bisa usaha untuk mendaftar ke kampus negeri yang relatif lebih murah atau mencari beasiswa.

  1. Kursus

Nah Sobat Gawe, buat kamu yang merasa belum saatnya untuk kuliah dikarenakan biaya atau masalah lain, kursus bisa menjadi pilihanmu, nih! Saat ini sudah banyak lembaga kursus profesional yang juga menjamin lulusannya agar terampil dan dapat bekerja setelah lulus kelak. Kursus ini biasanya memiliki rentang waktu yang relatif lebih singkat dan pasti biayanya yang lebih terjangkau.

Kamu bisa memilih kursus bahasa asing atau ketrampilan seperti menjahit, memasak dan mengemudi. Setelah kursus, kamu bisa bebas menentukan kemana karir yang akan kamu tuju dengan bekal ilmu kursus yang sudah dipelajari.

  1. Magang/Kerja Sambilan

Kalau yang ini, seringkali dilirik oleh lulusan SMK ya, Sobat Gawe! Magang bisa kamu pilih sambil menunggu waktu kuliah atau mungkin menunggu tabungan kuliah cukup. Banyak perusahaan yang menawarkan program magang pada lulusan baru, namun sebaiknya niatkan magang sambil belajar ya karena gaji yang ditawarkan saat magang biasanya relatif kecil karena menyesuaikan tingkat pendidikan dan kemampuan kamu.

Kegiatan ini bermanfaat sekali kalau bidang ilmu yang kamu tekuni lebih ke praktik langsung dan pastinya menambah skill. Setelah magang selesai, kamu bisa memutuskan lagi akan melanjutkan bekerja atau kuliah ya!

  1. Wirausaha

Siapa bilang lulusan SMA tidak dapat berwirausaha? Wirausaha memang memerlukan modal, namun bukan berarti lulusan SMA tidak dapat melakukannya, ya Sobat Gawe! Kamu bisa memilih untuk usaha dengan modal kecil-kecilan dulu, atau pinjam ke orang tua sebagai modal awalnya, kok. Tak perlu muluk-muluk, cobalah beberapa usaha kecil-kecilan seperti berjualan kue, baju, barang-barang antik, atau jika kamu punya kemampuan akademik lebih, kamu bisa memberi les untuk anak-anak SD maupun SMP, lho!

Uang yang kamu dapat bisa ditabung untuk biaya kuliah, jika memang masih ingin kuliah, ya. Atau jika sudah merasa nyaman dengan usaha yang dijalani, tidak masalah kok untuk fokus pada usaha yang kamu lakukan!

  1. Relawan

Nah, yang terakhir ini buat kamu yang merasa hatinya terpanggil dan berjiwa sosial yang tinggi ya, Sobat Gawe! Saat ini, sudah banyak lembaga-lembaga sosial yang pastinya memerlukan relawan dalam jumlah banyak. Tak perlu ragu karena tidak memiliki dana untuk menyumbang, kamu bisa menyumbang tenaga dan pikiran saja kok! Misalnya menjadi pengajar bagi anak-anak di panti asuhan, membantu kegiatan lansia di panti jompo, atau jika kamu punya rezeki lebih, kamu bisa menyumbangkan secara berkala pada yayasan tertentu.

 

Sobat Gawe, itu tadi beberapa aktivitas yang dapat dilakukan setelah lulus SMA. Tentu saja aktivitas tersebut bersifat positif semua ya!

Semoga dapat menjadi inspirasi kamu yang sedang kebingungan menghadapi fase ini. Apapun yang kamu pilih, lakukan dengan serius ya Sobat Gawe, sehingga bisa bermanfaat untuk kamu dan keluargamu. Jadi, mau pilih yang mana?

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial