Macam-macam Kursus yang Berguna Bagi Pencari Kerja

Halo, Sobat Gawe! Adakah yang sedang bingung kira-kira ingin kerja dimana setelah lulus? Mengikuti kursus tertentu mungkin bisa dijadikan alternatif, lho! Selain menambah skill dalam bidang tertentu, beberapa perusahan atau tempat kerja cenderung mengutamakan calon karyawan yang memiliki keahlian lebih di bidang tertentu. Saat ini berbagai macam jenis kursus sudah dibuka oleh berbagai lembaga profesional. Nah, kira-kira kursus apa saja yang dapat bermanfaat bagi para pencari kerja? Simak ya…

  1. Kursus Bahasa Asing

Kursus bahasa asing menjadi yang paling diminati karena saat ini banyak perusahaan yang mengutamakan calon karyawannya agar menguasai bahasa asing misalnya yang paling banyak adalah bahasa Inggris dan Mandarin. Karyawan yang fasih berbahasa asing dipandang lebih memiliki nilai jual lebih dibanding yang kurang menguasai.

  1. Kursus Komputer

Komputer saat ini sepertinya menjadi keterampilan dasar yang wajib dimiliki oleh karyawan ya, Sobat Gawe. Jangan sampai terlihat gaptek di depan komputer karena bisa-bisa poin plus kamu dapat berkurang, nih. Minimal kuasailah program Ms. Office yang sering dipakai seperti Ms.Word, Excell, Power Point, Access, lebih bagus lagi kalau sekaligus belajar bahasa pemrograman jika memang diperlukan. Tentunya pilih tempat kursus yang menyediakan tenaga pengajar profesional, ya!

  1. Kursus Keuangan Dasar

Nah buat Sobat Gawe yang berminat bekerja di bidang keuangan, kursus keuangan dasar sepertinya juga wajib diikuti. Setiap perusahaan pasti memerlukan seseorang yang mampu memanajemen keuangan dengan baik. Dengan mengikuti kursus ini, kamu bisa memiliki skill yang lebih meski belum memiliki banyak pengalaman kerja dan tentunya bidang ini masih banyak dicari oleh berbagai perusahaan.

  1. Kursus Public Speaking

Kursus ini dapat melatih komunikasi oral yang nantinya akan sangat bermanfaat di dunia kerja. Entah itu dalam berkomunikasi dengan klien, atasan, maupun saat presentasi produk. Di sini juga akan membuat kamu tidak lagi merasa kesulitan atau canggung berbicara dengan orang baru. Meskipun terkesan bahwa kemampuan public speaking dapat dilatih sendiri, namun tidak ada salahnya untuk mengikuti kursus supaya tahu bagaimana etika public speaking di dunia profesional kerja. Penting sekali, bukan?

  1. Kursus Desain Grafis

Buat Sobat Gawe yang tertarik bekerja di bidang desain, mungkin kursus ini penting diikuti jika kamu tidak memiliki keahlian sebelumnya. Dengan berbekal kemampuan desain grafis, kamu dapat menyajikan presentasi lebih menarik di depan klien, sehingga kepercayaan atasan kepada kamu untuk presentasi pasti lebih besar. Selain itu, banyak perusahaan masih memerlukan ketrampilan ini. Jadi pasti tambah disukai atasan  deh kalau kamu bisa melakukannya! hehehe

Selain kelima kursus di atas, masih banyak kursus ketrampilan lain yang akan bermanfaat di dunia kerja. Contohnya kursus menulis, web developer, leadership, marketing, fotografi, dan masih banyak lagi. Pastikan tempat kursus yang Sobat Gawe datangi sudah teruji profesional ya, jadi skill yang diajarkan dapat benar-benar bisa diterapkan di dunia kerja nanti. Hayo, mau ikut kursus apa nih?

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial