Olahan Sayur yang Bisa Kamu Buat Sebelum Ngantor

Halo, Sobat Gawe! Sudah makan sayur hari ini? Jangan remehkan makan sayur ya, Sobat Gawe. Aktivitas di kantor yang seringkali dihabiskan untuk duduk di depan komputer tanpa adanya aktivitas fisik yang berarti mau tidak mau memaksa kita untuk pandai-pandai mengatur menu makan supaya badan tidak buncit, namun tetap sehat. Nah, salah satu pilihan menu untuk mengatasinya adalah sayur. Ya, sayuran mengandung banyak serat, vitamin, mineral, antioksidan, serta zat gizi lain yang penting untuk metabolisme dan organ saluran cerna kita. Apalagi untuk Sobat Gawe yang sedang dalam program diet, makan olahan sayuran mungkin bisa menjadi pilihan dibanding cemilan yang tentunya lebih banyak mengandung kalori.

Nah, olahan sayur ini cukup sederhana kok, Sobat Gawe. Minke yakin kamu pasti bisa membuatnya sendiri di rumah karena praktis dan butuh waktu yang singkat. Berikut minke paparkan beberapa contoh olahan sayur yang bisa Sobat Gawe buat sebelum ngantor, atau dibawa buat bekal ke kantor.

 

  1. Salad

Olahan sayur ini paling mudah dibuat ya, Sobat Gawe. Kalian tinggal memotong beberapa bahan seperti wortel, kubis, daun selada, mentimun, tomat, boleh ditambah buah-buahan seperti apel, pir, anggur, buah naga, apa saja sesuai selera kemudian tinggal ditambahkan beberapa sendok mayonaise, saus tomat, atau bila perlu dressing dengan beberapa sendok olive oil. Tanpa perlu menyalakan kompor, olahan sayurmu sudah jadi. Masalah zat gizi, tak perlu diragukan. Karena tidak dipanaskan, maka zat gizi yang ada di dalam saladmu akan utuh. Tapi ingat ya, selalu cuci bersih sayur yang akan diolah karena sisa-sisa pestisida dan kotoran yang mungkin saja masih menempel di situ.

Salad

  1. Pecel/Gado-gado

Pecel/gado-gado juga gampang banget dibuatnya, nih. Siapkan dulu sayur yang akan kamu pakai, cukup dikukus atau direbus sebentar saja, lalu kucuri dengan saus kacang yang sudah kamu cairkan dengan air panas. Selesai! Untuk menghemat waktu, malam hari sebelumnya, usahakan kamu sudah mengupas, mencuci, dan memotong-motong sayur yang akan kamu jadikan pecel/gado-gado ini, jadi pagi harinya tinggal mengolah saja. Saus kacang di sini menambah berbagai macam zat gizi juga, lho seperti protein, vitamin, dan lemak.

Pecel Pincuk

 

  1. Capcay

Meski terdengar rumit, namun membuat capcay ini cukup simpel kok. Pastikan malam sebelumnya kamu sudah menyiapkan sayuran yang akan dipakai, boleh ditambah baso, sosis, atau telur ya Sobat Gawe. Nah, pagi harinya, kamu tinggal menyiapkan bumbu-bumbunya aja, nih. Memasaknya juga tidak terlalu lama. Kalau Sobat Gawe berniat membawanya sebagai bekal makan siang di kantor, sebaiknya buatlah capcay yang sedikit ‘kering’ supaya sayuran tidak cepat lembek ya, Sobat Gawe!

Capcay

  1. Omelet Sayur

Untuk Sobat Gawe yang sedang diet, menu ini sepertinya cocok karena sudah terdapat sayur dan protein hewani yang melengkapi kebutuhan gizi kamu. Kalau biasanya kamu membuat omelet hanya berisi telur, cobalah campurkan wortel, daun bawang, atau buncis yang diiris tipis ke dalam campuran omeletmu. Kalau sudah matang, kamu bisa tambahkan saus tomat sebagai bahan cocolan. Hmm, nggak akan terasa kalau ternyata kamu sudah makan sayur, deh!

Omelet Sayur

  1. Jus Sayur

Nah, kalau menu ini selain mudah juga menyegarkan Sobat Gawe. Untuk kamu yang malas berurusan dengan kompor, jus sayuran ini bisa menjadi alternatif buat kamu. Kamu bisa mencampurkan beberapa jenis sayur menjadi satu menu untuk mendapatkan rasa yang kamu inginkan. Misalnya, kamu bisa campurkan tomat dan wortel, atau tomat dengan seledri, mentimun, atau jenis sayuran lain yang mudah didapat. Tapi ingat ya, tidak perlu menambah gula terlalu banyak untuk segelas jus yang sehat.

Jus Sayur

Nah, itu tadi beberapa pilihan menu olahan sayur yang bisa kamu buat sebelum ngantor. Gampang-gampang bukan? Jadi tidak ada alasan lagi nih untuk tidak makan sayur karena tidak sempat masak. Biar bagaimanapun, sayur mengandung banyak zat gizi yang diperlukan tubuh. Jadi, mari budayakan makan sayur ya, Sobat Gawe!

 

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial