Passion, Modal Tak Disangka untuk Mencari Kerja

Bagi sebagian orang, mencari kerja diibaratkan seperti mencari peruntungan. Siapa yang beruntung, dia bisa mendapatkan pekerjaan. Mereka yang kurang beruntung, harus terus berusaha hingga akhirnya keberuntungan berkenan tiba.

Padahal, ada satu modal yang terkadang tidak disadari oleh para pencari kerja. Apakah itu?

Modal itu tak lain adalah passion. Modal ini bisa diartikan secara langsung sebagai ketertarikan atau hal-hal yang membuat kamu sangat semangat terhadap sesuatu hal. Passion juga bisa diartikan sebagai minat yang besar terhadap sebuah aktivitas, atau pengertian mudahnya adalah adalah hobi.

Passion ternyata bisa membantu kita dalam mendapatkan pekerjaan, lho!

Lantas, Bagaimana Passion Bisa Menjadi Hal Penting Bagi Perusahaan dalam Menilai Calon Karyawan?

Bagi kamu yang pernah mengikuti wawancara kerja, pernahkah diminta untuk menceritakan apa hobimu? Kedengarannya sepele ya, tapi ternyata jawabanmu bisa menjadi penilaian yang cukup penting, lho! Banyak perusahaan menilai, disamping harus punya dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaannya, karyawan juga harus memiliki kehidupan yang menyenangkan di luar kantor.

Lho..lho..Apa hubungannya?

Ketika seorang karyawan memiliki kehidupan yang menyenangkan di luar jam kantor, maka dipastikan mereka akan membawa perasaan yang sama ke tempat kerja. Ketika karyawan bekerja dengan hati senang, maka kualitas pekerjaan pun akan terdongkrak. Produktivitas karyawan pun bisa lebih meningkat.

Oleh karena itu, sebuah perusahaan, terutama divisi HRD akan mencari tahu seperti apa hobi para calon maupun yang sudah menjadi karyawan, apa aktivitas mereka di luar kantor dan bagaimana mereka menjalani aktivitas tersebut. Pihak HRD ingin memastikan apakah orang yang direkrut memang akan memberi manfaat bagi perusahaan atau tidak.

Dalam pandangan perusahaan, seseorang yang menjalani hobi dengan sepenuh hati akan punya daya juang yang kuat. Mereka juga berpotensi dapat mengeluarkan banyak ide kreatif yang mungkin selama ini tidak muncul pada karyawan lain, karena sebuah hobi pasti biasanya merangsang otak untuk berpikir kreatif dan inovatif.

Jadi, jangan takut untuk menunjukkan seberapa senang kamu menjalani hobi selama ini.

Passion akan membuka jaringan dan pertemanan

Apa pun hobi kamu, pasti ada orang lain yang memiliki hobi yang sama. Pasti ada orang lain yang mempunyai ketertarikan yang sama dengan yang menjadi hobi kamu. Biasanya mereka akan bergabung membentuk sebuah kelompok untuk berbagi ilmu mengenai hobi tersebut.

Berteman dengan banyak orang yang memiliki hobi yang sama merupakan awal dari membangun sebuah jaringan yang akan berguna untuk menemukan pekerjaan. Bisa saja di antara teman sepermainan tersebut ada yang menawari pekerjaan karena mengetahui kamu ahli dalam sebuah bidang yang dia butuhkan.

Bisa juga teman seperhobian kamu yang memberi rekomendasi kepada temannya untuk merekrut kamu sebagai karyawan. Sebuah rekomendasi dari orang yang dipercayai biasanya akan lebih disukai mereka yang tengah membutuhkan karyawan baru, dibanding mencari sendiri melalui proses perekrutan.

Jaringan dari teman-teman yang memiliki hobi yang sama ini juga akan tetap berguna ketika kamu sudah bekerja. Para anggota kelompok yang terdiri dari beragam profesi dan usia merupakan alat penting dalam melancarkan pekerjaan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menguasai betul hobimu dan perluas jaringan dengan mereka yang memiliki gairah yang sama terhadap hobi tersebut.

Bagaimana jika ternyata kamu sulit menemukan apa yang menjadi passion?

Ada beberapa tips yang bisa dipakai untuk mengetahui passion kamu. Pertama, cobalah untuk lihat lebih dalam lagi, apa hal yang kamu dapat lakukan dan selalu menjadi yang lebih baik dari orang lain?  Atau, hal apa yang kamu dapat lakukan berlama-lama hingga kadang lupa waktu? Nah, bisa jadi itu adalah cikal-bakal passion yang bisa kamu tekuni.

Baca juga: Interview kerja? Sebaiknya Hindari Jawaban Ini

 

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial