Semangat Ngantor Lagi Setelah Liburan

Semangat Pagi Sobat Gawe!

Libur lebaran yang cukup panjang memang membuat banyak karyawan kantor terlena dan merasa malas untuk kembali lagi bekerja. Tak jarang banyak di antara mereka masih suka bolos pada hari pertama masuk kantor dengan bermacam alasan. Sebenarnya, apa yang perlu dilakukan agar semangat ngantor tetap ada setelah libur lebaran nanti?

  1. Pikirkan Motivasi Anda Bekerja

Bekerja tanpa didasari oleh motivasi atau niat yang kuat maka akan membuat pekerjaan tidak dilakukan dengan maksimal. Entah karena tidak semangat, maupun karena tidak memiliki tujuan khusus. Oleh sebab itu, jangan lupakan motivasi kamu bekerja dari awal. Entah itu karena memang passion kamu di bidang tersebut, atau  yang paling mendasar karena memang tuntutan kebutuhan hidup yang harus membuat kamu bekerja. Meskipun masih terasa malas bekerja, ingatlah bahwa dengan bekerja adalah hal yang mutlak dilakukan untuk memenuhi kebutuhan harian kamu dan keluarga.

  1. Temukan Lagi Hal yang Menyenangkan saat Bekerja

Bekerja tidak selalu menjadi hal yang memusingkan pikiran atau melelahkan fisik. Pasti ada beberapa kondisi yang membuat kamu kadang ‘merindukan’ masa bekerja setelah libur panjang. Misalnya, bagaimana kamu bertemu dan bercengkrama dengan teman-teman kantor, maupun saat sederhana seperti sekedar menikmati masakan di kantin kantor sambil ngobrol mengenai atasan, misalnya hehehe. Bukankah hal sederhana itu cukup menyenangkan?

  1. Buat Daftar Pekerjaan pada Hari Pertama

Agar hari pertama kamu tetap produktif, susunlah apa saja yang akan kamu kerjakan pada hari itu. Tidak perlu terlalu banyak atau memberatkan, selama tugas kantor terpenuhi maka kamu tidak perlu terlalu menyibukkan diri pada hari pertama kerja. Manfaatkan hari pertama dengan bercakap-cakap dengan teman kerja mengenai liburan mereka atau sekedar silaturahmi setelah lebaran.

  1. Maksimalkan Istirahat Sebelum Bekerja

Sehari sebelum bekerja, pastikan kamu sudah tiba di rumah dan beristirahat dengan maksimal. Jangan terlalu mepet saat menjadwalkan kepulangan karena salah-salah kamu malah merasa tidak fit ketika harus kembali bekerja karena masih kecapekan.

  1. Tinjau Kembali Target Kamu

Setelah libur lama, tidak ada salahnya kamu melakukan tinjauan ulang mengenai target-target yang selama ini sudah kamu buat. Entah itu target kantor maupun kehidupan pribadi kamu. Dengan ini kamu akan tahu mana saja yang belum tercapai dan itu dapat menjadi motivasi kamu untuk tetap semangat bekerja.

  1. Diskusi dengan Teman Kerja

Seringkali, hanya dengan mendiskusikan beberapa hal pada teman kerja cukup membuat beban kerja kamu menjadi lebih ringan. Pastikan kamu membicarakan hal tersebut pada orang yang kamu percayai serta mampu memberi solusi pada bahan diskusi kamu.

Bekerja memang ‘ritual’ yang seringkali menjenuhkan, namun tak jarang kamu akan merindukannya saat libur panjang, bukan? Tidak ada salahnya kamu coba tips di atas untuk mengembalikan semangat kerja kamu. Come on, move up!

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial