Seputar Dunia Administrasi Perkantoran

Semangat Pagi Sobat Gawe! Buat kamu yang tertarik dengan dunia administrasi perkantoran, wajib banget nih baca artikel kali ini. Minke baru tahu, ternyata tugas adminstrasi sangat esensial dalam sebuah organisasi dan perusahaan lho. Selain itu fungsi administrasi juga begitu esensial di ranah professional. Seorang admin atau pelaksana administrasi, mampu memberikan efek yang signifikan bagi suatu roda operasional di perusahaan. Dengan adanya admin, suatu organisasi mampu memberikan informasi yang akurat demi keberlangsungan perusahaan.

Secara umum, administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. Terdapat dua jenis definisi administrasi, yaitu administrasi secara luas dan administrasi dalam arti sempit.

  1. Administrasi secara luas, yaitu seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.
  2. Administrasi dalam arti sempit, yaitu kegiatan yang bersifat teknis ketatausahaan.

Administrator atau biasa disebut Admin merupakan  pekerjaan dalam sebuah instansi atau perusahaan yang bersifat administratif atau bersifat teknis ketatausahaan mencakup data entry, filling, membuat pengaturan perjalanan, mengambil pemesanan, dan lain sebagainya.

Selain itu administrasi juga memiliki ruang lingkup pekerjaan. Terdapat lima ruang lingkup atau jenis dalam pekerjaan administrasi, yaitu:

  1. Menghimpun yaitu kegiatan mencari dan mengusahakan tersedianya segala keterangan yang tadinya belum ada atau berserakan sehingga siap untuk dipergunakan bilamana diperlukan.
  2. Mencatat yaitu kegiatan mendokumentasikan keterangan-keterangan yang diperlukan sehingga berwujud tulisan yang dapat dibaca, dikirim dan disimpan.
  3. Mengelola yaitu kegiatan mengerjakan keterangan-keterangan dengan maksud menyajikan dalam bentuk yang dapat berguna.
  4. Mengirim yaitu kegiatan menyimpan dan berbagi cara serta alat dari satu pihak kepihak lain.
  5. Menyimpan yaitu kegiatan menaruh dengan berbagai cara dan alat ditempat tertentu yang aman.

Nah, sudah kebayang kan Sobat Gawe apa saja pekerjaan-pekerjaan yang masuk dalam dunia administrasi. Kalau kamu tertarik, kamu bisa mempelajari lebih lanjut untuk softskill dan hardskill-nya ya. Banyak kok kursus-kursus yang perlu kamu ikuti supaya menjadi seorang admin yang handal. So, mulai persiapkan diri kamu dari sekarang ya Sobat Gawe!

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial