Skill yang Diperlukan Sebagai Seorang Admin

Halo Sobat Gawe, Semangat Pagi!

Sebelumnya Minke pernah menjelaskan tentang pekerjaan seorang Admin Perkantoran secara umum dalam “Seputar Dunia Administrasi Perkantoran”. Artikel tersebut bisa kamu baca di link di bawah ini:

https://blog.gawe.id/seputar-dunia-administrasi-perkantoran/

Sekarang Minke mau menjelaskan apa saja skill yang diperlukan sebagai seorang admin perkantoran. Tapi sebelum itu, kamu harus tahu bahwa fungsi administrasi di perkantoran sangat lah esensial. Fungsi tersebut ada empat, yaitu Planning, Organizing, Leading dan Controlling. Secara umum hampir sama dengan fungsi manajemen, bedanya fungsi administrasi bertujuan untuk menentukan tujuan organisasi dan merumuskan kebijakan umum, sedangkan manajemen bersifat melaksanakan kegiatan yang perlu dilaksanakan.

Jika kamu menyukai pekerjaan di bidang administrasi, kamu perlu menguasai beberapa kemampuan dasar. Sebab, semua pekerjaan admin menunjang ketelitian dan kerapihan.  Beberapa hal yang perlu dimiliki seorang admin perkantoran yaitu:

  1. Teliti
  2. Memiliki kemampuan berhitung dengan baik
  3. Memiliki kemampuan menggunakan applikasi administratif secara offline maupun online
  4. Memiliki kemampuan untuk tetap tenang di bawah tekanan
  5. Mampu melakukan pendekatan metodis dan menyeluruh dalam kerja
  6. Mampu bekerja dalam tim
  7. Memiliki inisiatif yang tinggi

Kamu juga harus sudah mulai mempersiapkan diri dari sekarang, misalnya mengikuti kursus komputer. Komputer saat ini sepertinya menjadi keterampilan dasar yang wajib dimiliki oleh karyawan ya, Sobat Gawe. Jangan sampai terlihat gaptek di depan komputer karena bisa-bisa poin plus kamu dapat berkurang, nih. Minimal kuasailah program Ms. Office yang sering dipakai seperti Ms.Word, Excell, Power Point dan Access. Artikel tentang kursus yang penting dapat kamu cek di link di bawah ini ya Sobat Gawe

https://blog.gawe.id/macam-macam-kursus-yang-berguna-bagi-pencari-kerja/

Jika Sobat Gawe sudah berkarir di bidang pekerjaan administrasi, bukan tidak mungkin kamu akan naik jabatan. Untuk staff admin, berpeluang untuk menjadi manager administrasi. Jika kamu sudah menjadi manager, tanggung jawab kamu akan lebih besar dan fungsi kamu lebih bersifat strategis. Nah, menarik bukan Sobat Gawe?

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial