Tetap Sehat Meski Kerja Lapangan

Halo, Sobat Gawe! Semoga kalian semua dalam kondisi fit, ya! Jangan seperti Minke yang lagi kurang enak badan, nih. Maklum, Sobat Gawe, musim kemarau yang kadang diselingi hujan deras tiba-tiba membuat tubuh kita harus beradaptasi dengan cepat akan perubahan iklim ini. Biasanya nih masa-masa seperti ini banyak sekali yang terkena sakit, terutama bagi kamu yang harus bekerja di lapangan (field). Nah, belajar dari kesalahan minke, kali ini minke akan bercerita mengenai tips untuk kamu agar tetap fit meski harus bekerja di luar ruangan.

Tantangan Kerja Lapangan

Kerja lapangan memang merupakan tantangan tersendiri. Selain dihadapkan pada situasi dan kondisi yang tidak menentu, seperti cuaca dan kondisi lalu lintas, pekerja akan lebih berisiko terkena berbagai gangguan kesehatan karena harus bekerja di luar ruangan. Debu kendaraan, asap rokok, dan zat-zat kontaminan yang terdapat di makanan-makanan yang tersaji di luar ruangan akan menjadi agen penyakit yang siap menyerang pertahanan diri kamu kapan saja, terutama ketika kekebalan tubuh menurun. Coba bandingkan dengan bekerja di dalam ruangan yang ber-AC : udara bersih, minim polutan, makanan di kantin kantor juga pasti lebih higienis dibandingkan membeli makan di pinggir jalan. Dari sini saja sudah terlihat risiko yang diterima oleh para pekerja lapangan. Karena itu, perlu langkah lebih bagi pekerja lapangan agar tetap sehat ya, Sobat Gawe!

Proteksi Luar dan Dalam

Karena harus melawan risiko tersebut, tubuh kita perlu dilindungi, baik dari luar maupun dalam. Proteksi dari luar misalnya memakai masker, jaket, topi, sepatu khusus, atau alat lain yang dapat melindungi kamu dari berbagai kontaminan. Proteksi dari dalam yaitu dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh kita sendiri. Caranya simpel kok, Sobat Gawe. Cukup perbanyak minum air putih dan makan makanan bergizi. Intinya itu saja. Air putih berperan menetralisir racun dalam tubuh, sedangkan zat-zat gizi akan berkolaborasi meningkatkan antioksidan dan antibodi yang akan memperkuat tameng dalam tubuh kita. Sayangnya, pekerja lapangan seringkali menganggap sepele hal ini. Karena bekerja di luar ruangan, mereka justru cenderung makan di sembarang tempat dan kurang minum air putih nih, Sobat Gawe.

Tambahan Proteksi

Nah, sebagai tambahannya, Sobat Gawe bisa minum multivitamin nih untuk memperkuat pertahanan diri. Minum vitamin akan bermanfaat asalkan tetap dikonsumsi sesuai aturan, ya. Vitamin yang dianjurkan yaitu vitamin C dan E karena mengandung antioksidan yang tinggi. Boleh juga untuk konsultasi ke dokter untuk memilih vitamin mana yang sesuai dengan kondisi kamu, ya!

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial