THR Cepat Habis? Ini Solusinya!

Halo Sobat Gawe, semangat pagi!

Ramadhan sudah berjalan lebih dari dua minggu nih Sobat Gawe. Sebentar lagi hari raya Idul Fitri yang ditunggu pun datang. Pengeluaran akan keperluan selama Ramadhan dan Lebaran pasti meningkat. Entah itu untuk membeli keperluan dapur, baju lebaran, tiket mudik, hingga menyiapkan ‘angpau’ untuk saudara-saudara di kampung halaman.

Tunjangan Hari Raya (THR) yang diberikan oleh perusahaan merupakan salah satu hal yang paling diharapkan selama bulan Ramadhan. Bagaimana tidak, jumlahnya yang rata-rata yang minimal satu kali gaji ini pun cukup untuk membantu pengeluaran selama puasa dan Lebaran. Namun seringkali THR ini hanya mampir sebentar di kantong, bahkan tak jarang sebelum Lebaran sudah habis terpakai. Bagaimana cara mengelolanya?

  1. Prioritaskan Kebutuhan

Namanya juga Tunjangan Hari Raya, pastikan kebutuhan akan hari raya kamu sudah terpenuhi dulu sebelum membelanjakan THR untuk keperluan lain. Prioritaskan pada biaya mudik seperti tiket mudik atau biaya servis kendaraan, jika kamu memakai kendaraan pribadi. Beli baju Lebaran secukupnya, jangan tergiur diskon. Ingat, pada waktu-waktu tersebut, banyak mall-mall yang menawarkan diskon yang fantastis, namun bukan berarti kamu harus membeli banyak baju baru kan?

Sisihkan pula untuk belanja keperluan bahan makanan selama mendekati Hari Raya. Siapkan pula dana untuk membeli kue-kue khas lebaran bagi para tamu yang berkunjung ke rumah kamu. Supaya lebih hemat lagi, kalau kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Jangan lupa, keponakan-keponakan atau saudara-saudara di kampung halaman terutama yang masih anak-anak pasti menantikan angpau dari kamu. Sisihkan sebagaian di amplop-amplop kecil dan pisahkan dari dana pribadi kamu ya Sobat Gawe.

  1. Tetap Menabung

Meski sifatnya adalah tunjangan pada hari raya, namun tidak ada salahnya apabila kamu menyisihkan sebagian THR ini untuk dimasukkan dalam rekening tabungan, bukan? Toh seluruh THR tidak harus dihabiskan saat lebaran. Bahkan karena jumlahnya yang cukup besar, bukan tidak mungkin kamu bisa menambah pundi-pundi tabungan dari THR ini.

  1. Bayar Hutang dan Cicilan

Hari Raya bukan berarti kamu melupakan berbagai tagihan bahkan hutang yang masih kamu miliki. Tetap bayar cicilan sesuai dengan waktu yang ditetapkan dan segeralah bayar hutang kamu karena kamu tidak akan tahu sampai berapa lama uang THR itu tersisa. Menunda membayar hutang dan cicilan hanya akan menambah jumlahnya itu sendiri, yang nantinya pasti memperberat diri kamu saat akan membayarnya.

  1. Sisihkan untuk Investasi

Jika masih ada sisa setelah dipakai untuk keperluan sana-sini, tak ada salahnya kamu menambah investasi dari THR. Tidak perlu banyak-banyak, misalnya membeli beberapa gram emas sudah dapat menjadi bekal investasi kamu di masa depan. Atau bagi yang sudah ada rencana membeli aset properti, dapat pula menambah pemasukkannya dari THR.

  1. Jangan Lupakan Zakat dan Sedekah

Kalau ini memang kebutuhan wajib. Jadi sebelum menggunakan THR, pastikan zakat kamu dan keluarga sudah terbayarkan. Ingat, zakat tidak akan mengurangi rejeki kamu, tapi akan membersihkannya dan membuat pendapatan kamu lebih berkah. Tidak ada salahnya kamu menambah jatah sedekah selama bulan Ramadhan bukan? Toh pahala kamu juga menjadi berlipat ganda.

  1. Liburan Tidak Ada Salahnya, Kok

Kamu yang tidak ada rencana mudik, bisa juga memanfaatkan THR untuk liburan lho. Budget untuk beli tiket mudik bisa kamu alihkan untuk sekedar jalan-jalan ke tempat-tempat wisata yang belum pernah kamu kunjungi.

 

Nah Sobat Gawe, demikian beberapa tips memanfaatkan THR supaya lebih bermanfaat dan tidak berlalu begitu saja di kantong kamu. Kuncinya adalah disiplin. Mewajibkan pengeluaran untuk prioritas utama, kemudian baru dipakai untuk hal-hal lain yang kamu inginkan.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial