Tips Agar Tidak Gugup Wawancara Kerja

Wawancara kerja bisa menjadi momen yang cukup membuat gugup, terutama jika kamu fresh graduate dan baru pertama kali wawancara kerja. Padahal tahap wawancara merupakan tahap yang cukup penting dalam proses rekrutmen pekerjaan lho sobat GAWE! Rasa gugup umumnya dirasakan jika kamu kurang menyiapkan diri dan belum tahu “medan perang”. Persiapan yang matang sebelum proses wawancara kerja akan membuat kamu lebih percaya diri dan siap dalam menghadapi wawancara kerja. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Nah, begini tips agar tidak gugup wawancara kerja:

1. Gali informasi lebih dalam perihal perusahaan yang dituju.

Saat Anda mendapat panggilan untuk wawancara kerja di suatu perusahaan, pastikan Anda mengetahui dengan benar company profile perusahaan tersebut. Saat ini Anda bisa dengan mudah menggali informasi melalui internet. Cari informasi lebih detail terkait bidang atau bisnis perusahaan tersebut, alamat perusahaan, cabang-cabang perusahaan, dan berbagai hal terkait perusahaan tersebut yang belum Anda ketahui.

2. Banyak berlatih untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang umum ditanyakan oleh user.

Wawancara kerja merupakan tahap awal user atau perusahaan mengenal diri kamu. Jawaban kamu merefleksikan gambaran mengenai kepribadianmu sehari-hari dan dalam bekerja. Untuk belajar berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan saat interview kerja, Anda juga bisa mencarinya di internet. Dengan terbiasa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu akan lebih lancar saat interview nanti.

3. Persiapkan dokumen-dokumen yang sekiranya dibutuhkan.

Saat wawancara kerja, biasanya ada beberapa perusahaan yang meminta kita membawa dokumen-dokumen, seperti CV, Surat Lamaran, Ijazah, dll. Namun, ada juga beberapa perusahaan yang tidak meminta Anda untuk membawa dokumen-dokumen tersebut. Sebagai pencari kerja, kita harus mempersiapkan semuanya dengan baik, termasuk dokumen-dokumen pelengkap tersebut. Psst, kesiapan kita juga sering kali menjadi salah satu aspek penilaian bagi user atas kesiapan Anda dalam bekerja lho! Jadi, persiapkanlah CV terbaikmu ya sobat GAWE!

4. Beri kesan pertama melalui penampilan.

Pakailah pakaian yang rapi dan sopan saat wawancara kerja, dan yang terpenting membuatmu merasa nyaman dan percaya diri. Beri kesan professional sebagai kesan pertama kamu terhadap user. Bagi perempuan, gunakanlah make up yang natural dan tidak berlebihan. Jangan lupa semprotkan parfum untuk meningkatkan rasa percaya diri terhadap penampilanmu.

5. Perhatikan etika saat berbicara.

Saat wawancara sedang berlangsung, perhatikan etika berbicara kamu kepada user. Pergunakan bahasa formal untuk menggambarkan kesopanan kamu terhadap user yang menjadi lawan bicaramu. Perhatikan dan berikan respon yang baik saat user sedang menyampaikan informasi, misalnya dengan menjaga kontak mata dan anggukan. Jika ada pertanyaan, ajukan pertanyaan dengan sopan dan jangan menginterupsi pembicaraan user.

6. Percaya diri.

Jika kelima cara di atas sudah dilakukan dan dipersiapkan dengan benar, cara terakhir yang menjadi kunci kesuksesan kamu dalam wawancara kerja adalah rasa percaya diri. Setelah semua persiapan sudah dilakukan, selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah kesiapan mental kamu dalam menghadapi wawancara kerja. Percayalah pada dirimu bahwa kamu bisa memberikan yang terbaik!

Semoga Tips Agar Tidak Gugup Wawancara Kerja dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk wawancara ya sobat GAWE. Buat kamu yang sedang mencari kerja, intip juga lowongan kerja disini!

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial