TIPS MEMBUAT IKLAN LOWONGAN KERJA PROFESIONAL

Halo Rekan Gawe,

Berikut ini tips dan trik supaya postingan Lowongan Kerja perusahaan kamu di GAWE.ID kamu lebih mudah dimengerti oleh pencari kerja.

Seperti diketahui, iklan lowongan kerja dapat dibuat dengan berbagai model, bentuk dan ukuran. Baik untuk keperluan sourcing online ataupun offline. Penulisan iklan lowongan kerja yang tepat dan jelas akan berpengaruh kepada kualitas para pelamar yang datang atau kamu dihasilkan. Jangan sampai mayoritas dari kandidat yang kamu peroleh tidak cocok untuk posisi yang kamu butuhkan, karena kombinasi dari beberapa faktor seperti kurangnya kualifikasi dan pengalaman di iklan lowongan kamu.

Simak tips berikut ini ya untuk pengisian di GAWE.ID:

  1. Posisi: Titel pekerjaan harus jelas. Buatlah pola judul yang sama dari semua lowongan yang diposting. Format pengisiannya adalah {Nama Jabatan_Lokasi Kerja}, “Surveyor Jakarta Timur”. Dengan Huruf awal kata adalah kapital dan diikuti huruf kecil.
  2. Posisi: Hindari penulisan alih bahasa yang tidak tepat. Misalnya Marketing Credit menjadi Marketing Kredit. Lebih baik tetap menggunakan bahasa asing saja
  3. Kualifikasi Khusus: Buatlah deskripsi pekerjaan berupa poin-poin penting (dapat berupa poin atau angka). Poin yang sudah disebutkan jangan diulang-ulang, karena akan membingungkan pencari kerja. Misalnya deskripsi : untuk Lowongan Driver.
  • Memiliki SIM A yang masih berlaku
  • Lulusan SMA atau Sederajat
  • Khusus Laki-Laki
  • Pengalaman Kerja 1 tahun
  • Menguasai Daerah/Wilayah
  1. Kuota yang dibutuhkan: Diisi dengan nominal angka tergantung berapa jumlah karyawan yang dibutuhkan.
  2. Gaji: Tuliskan kisaran atau range gaji atas posisi lowongan kerja yang diposting.
  3. Rincian Pekerjaan: Berisi aktivitas pekerjaan apa yang akan dilakukan oleh pelamar. Tulislah deskripsi pekerjaan dengan poin-poin penting (dapat berupa poin atau angka). Gunakan Bahasa Indonesia yang baku dan jelas. Jika suatu istilah Bahasa Asing sulit untuk diubah ke Bahasa Inggris, lebih baik tetap dibuat dalam Bahasa Asing saja. Misalnya, Surveyor jika dibahasakan menjadi Survei Lapangan. Deskripsi ditulis dengan bahasa kalimat yang lengkap dan tidak disingkat-singkat.
  4. Perlu dicatatat: Hindari penggunaan istilah-istilah yang tidak familiar di masyarakat (bahasa gaul, daerah, non baku, non professional)

Beberapa poin di atas penting diperhatikan, karena sebuah iklan pekerjaan berfungsi untuk memberi tahu kandidat yang berminat bahwa lowongan kerja tersebut. Selain itu, iklan lowongan kerja juga berfungsi sebagai iklan untuk perusahaan itu sendiri.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial