Tren Leadership bagi Generasi Zaman Now!

Leadership atau jiwa kepemimpinan merupakan soft skill yang penting untuk kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan kantor maupun dalam kehidupan sosial. Banyak sekali figur pemimpin di dunia, atau bahkan di Indonesia yang dapat menjadi teladan dan inspirasi bagi kita melalui perubahan-perubahan yang mereka lakukan. Misalnya, figur Bapak Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil.

Senang rasanya jika kita bisa menjadi orang yang bisa memberi inspirasi juga bagi orang lain, ya! Menariknya, tidak perlu menunggu menjadi “orang besar” dahulu untuk menjadi pemimpin atau paling tidak bisa memberikan inspirasi bagi orang disekitar kita. Daaan, itu bisa dilatih dari sekarang!

Banyak lho cara dan media untuk mengakomodir dan mengembangkan jiwa kepemimpinan, khususnya bagi generasi zaman now atau generasi Y & Z a.k.a kamu juga termasuk jika kamu berusia di bawah 35 tahun sekarang.

Saatnya kamu ambil bagian juga! Yuk cari tahu tren leadership bagi generasi zaman now berikut ini.

Kepo alias Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Dilansir dalam www.forbes.com mengenai Tren Kepemimpinan 2017 mengatakan bahwa pemimpin masa kini adalah mereka yang haus akan rasa ingin tahu (curious). Rasa ingin tahu yang tinggi atau yang saat ini lebih suka disebut “kepo” dapat memicu kreatifitas lho, Sobat Gawe! Nah, alihkanlah kepomu ke hal-hal yang lebih positif ya! Semakin banyak tahu, maka semakin banyak juga wawasan yang bisa kamu bagikan kepada orang-orang di sekitarmu.

Belajar online

Untuk bisa memberikan inspirasi dan pengaruh, jangan lupa untuk selalu membekali diri kamu dengan pengetahuan dan keterampilan (skill). Setelah kepo-in banyak hal, pelajari hal-hal yang sesuai dengan minat kamu. Misalnya, kamu menyukai fotografi dan penasaran dengan hasil jepretan blogger sebelah yang kece abis. Cari tahu dan pelajari langkah-langkahnya supaya kamu juga bisa melakukan teknik yang sama.

Banyak lho materi yang bisa kamu pelajari dari media online saat ini. Misalnya youtube, komunitas/forum online atau bahkan kursus online yang bisa kamu ikuti. Asyiknya dengan metode pembelajaran online, kamu bisa personalisasikan sendiri jadwal belajar dan materi yang kamu butuhkan.

Aktif dalam komunitas sosial

Selain itu, kamu juga bisa lho mengembangkan jiwa kepemimpinan dengan berperan aktif dalam komunitas sosial, seperti menjadi relawan pengajar di daerah pedesaan. Ini merupakan salah satu tren leadership bagi generasi zaman now, karena tipikal generasi millennial itu sendiri suka lho berkontribusi bagi lingkungan sosial di sekitarnya.

Mengembangkan diri sendiri dengan cara mengembangkan diri orang lain akan membuatmu banyak belajar, khususnya dalam hal kedewasaan berpikir dan menyelesaikan masalah karena biasanya kamu akan merasakan kehidupan di luar zona nyamanmu sehari-hari. Melalui kegiatan sosial juga, kamu bisa mendapatkan pengalaman hidup yang bermakna.

Menjadi social media influencer

Bagi generasi zaman now, kesempatan untuk menyebarkan pengaruh positif bagi orang lain sangat terbuka luas. Mungkin beberapa dari kamu sudah sering mendengar istilah social media influencer? Ya, social media influencer adalah orang-orang yang punya followers atau audience yang cukup banyak di media sosial dan mereka punya pengaruh yang kuat terhadap followers mereka, seperti selebgram, blogger, youtuber. Ini tren leadership bagi generasi zaman now banget!

Mulailah aksimu dengan membagikan hal-hal positif di akun sosial media yang kamu miliki, seperti facebook, twitter, instagram, maupun youtube. Kamu bisa banget menuangkan passion kamu, misalnya menjadi influencer untuk pola hidup sehat. Jangan lupa berikan hashtag/tagar agar postingan kamu lebih mudah viral.

Memperluas network

Generasi millenial biasanya sangat suka bertemu dengan orang baru nih. Dari sekadar teman nongkrong sambil ngopi santai, teman baru sparing futsal hingga teman komunitas penyuka hobi tertentu. Hal ini sangat baik untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan kamu, karena dengan bertemu orang baru kamu bisa belajar hal baru juga.

Terlebih penting lagi, hal ini melatih diri kita untuk berpikiran terbuka terhadap suatu fenomena, informasi maupun opini orang lain. Sst..tahukah kamu, riset mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki pola pikir terbuka dan responsif terhadap berbagai kesempatan akan semakin cepat menuju kesuksesan lho! Mengobrol atau berdiskusi dengan orang lain juga bisa membantu kamu dalam mencari ide baru dan mempertajam skill komunikasi kita juga tentunya.

Yuk memulai “nongkrong-nongkrong” positif!

 

So, apakah kamu sudah siap untuk menjadi leader bagi generasi zaman Now? Di mulai dari diri sendiri, untuk orang-orang terdekat, dan mulailah dari sekarang!

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial